Senin, 22 Oktober 2012

Cara Cepat Memperbaiki Eror d3dx9_43.dll

Filled under: , ,


Pernahkah Anda mengalami Eror d3dx9_43.dll.? Temukan disini jawabannya .. 

Error d3dx9_43.dll – Sebuah Pengenalan


Apakah Anda pernah mendengar sebuah game bergenre FPS (First Person Shooter) bernama Call of Duty: Black Ops sebelumnya? Game ini merupakan salah satu game yang cukup populer, terutama dikalangan penggemar game “tembak-tembakan”. Game yang dipublikasikan pada tahun 2010 oleh Activision Publishing, Inc. ini menyuguhkan pengalaman bermain game yang seru dan menyenangkan, sehingga tak ayal menarik jutaan pengguna untuk memainkannya.Bagi Anda yang gemar memainkan game “tembak-tembakan” ini, mungkin Anda pernah mendapatkan sebuah error yang menampilkan pesan: “The program can’t start because d3dx9_43.dll is missing from your computer. Try reinstalling this program to fix this problem”. Atau dapat diterjemahkan bahwa error d3dx9_43.dll terjadi karena file tersebur telah hilang dari komputer Anda. Lalu, bagaimana hal ini dapat terjadi, dan bagaimana cara Anda untuk mengatasinya? Artikel kali ini secara khusus mengulasnya untuk Anda.

Error d3dx9_43.dll – DirectX

Sebenarnya masalah yang sedang Anda hadapi tersebut bukan merupakan masalah besar alias hanya masalah yang relatif sederhana. Error yang terjadi diakibatkan adanya gangguan yang terletak pada DirectX komputer Anda. Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai apa itu DirectX, khususnya bagi Anda yang belum lama ini mengenal dunia komputer.
DirectX pada dasarnya merupakan suatu API (Application Programming Interface) yang berfungsi untuk menangani fungsi-fungsi multimedia pada komputer, khususnya fungsi multimedia yang terdapat pada game komputer. DirectX hanya dijumpai dan hanya berjalan pada sistem operasi Windows, serta terdiri dari beberapa komponen yaitu Direct3D, DirectDraw, DirectMusic, DirectPlay, dan juga DirectSound. DirectX sendiri tersedia untuk dapat didownload secara gratis dari website resmi Microsoft. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai DirectX, Anda dapat mengakses website Microsoft (support.microsoft.com/kb/179113).

Error d3dx9_43.dll – Cara Memperbaiki

Error d3dx9_43.dll - DirectXKembali pada pokok bahasan mengenai Error d3dx9_43.dll yang dijumpai pada game Call of Duty: Black Ops sebelumnya, untuk memperbaiki adanya gangguan pada DirectX, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Apa saja? Berikut ini adalah diantaranya:
  1. Download dan install aplikasi DirectX versi terbaru dari website Microsoft merupakan cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mencoba memperbaiki masalah ini. Anda dapat mengetahui versi DirectX versi terbaru dengan menggunakan fasilitas update yang terdapat pada sistem operasi Windows, yaitu Windows Update.
  2. Apabila cara pertama (download dan install DirectX) masih belum memperbaiki error d3dx9_43.dll, maka cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menginstal ulang game Call of Duty: Black Ops pada komputer Anda. Uninstall game ini terlebih dulu, untuk kemudian Anda dapat menginstalnya kembali agar file instalasi benar-benar fresh. Tujuan melakukan hal ini adalah untuk memperbaiki file-file yang kemungkinan corrupt atau mengalami kerusakan.
  3. Cara terakhir untuk memperbaiki error d3dx9_43.dll adalah memeriksa driver kartu grafis (graphic card). Apabila komputer Anda menggunakan kartu grafis AMD Radeon atau Nvidia, maka jangan lupa untuk memeriksa versi update driver yang tersedia. Pastikan Anda menggunakan versi driver terbaru untuk mendapatkan kemampuan yang optimal. Tidak ketinggalan, pastikan juga bahwa perangkat graphic card yang digunakan telah memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan game “tembak-tembakan” ini.

Error d3dx9_43.dll – Kesimpulan

Setelah Anda melakukan cara-cara di atas, pada umumnya error d3dx9_43 tidak akan lagi dijumpai. Namun, sebelum Anda melakukan ubahan apapun pada komputer, ada baiknya Anda melakukan langkah backup terlebih dulu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Langkah backup dapat dilakukan dengan cara membuat sebuah restore point baru pada System Restore, atau dengan membuat backup di dalam game itu sendiri jika memungkinkan.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar